Halo sobat
geek! Apa kabar? Semoga sehat selalu dan diberikan semangat yang ngga pernah
mati untuk terus belajar. Aamiin.
Bareng sama GeekTeam disini kita bakal ngebahas materi Pemrograman Java tentang Mendapatkan Input dari Keyboard. Postingan kali ini sebenarnya terinspirasi dari materi kuliah pemrograman java yang sedang masuk di materi Mendapatkan Input dari Keyboard. Jadi bagi kalian yang kebetulan lagi masuk materi input/output, kita bisa saling sharing ilmu disini. Buat yang udah master, mohon koreksinya. :D
Untuk menggunakan paket ini, kita cukup menambahkan baris berikut di bagian paling atas kode yang kita tulis : import java.io.*;
Berikut penulisan kodenya :
Sebagai pendahuluan dan sebagai informasi, program java melakukan proses Input dan Output melalui Stream. Nah, Steram itu dapat di artikan sebagai penghubung antara peralatan fisik untuk proses input atau output dengan media yang dapat menyimpan atau memberikan informasi.Kita sama-sama tahu, peralatan untuk keperluan input pada komputer diantaranya adalah keyboard, mouse, dll. Kalau di gambarkan secara singkat peran stream dalam proses input adalah seperti ini :
Peralatan Input → Stream → Media Penyimpanan Data
Setelah kita sudah tahu peran dari stream dalam proses input, sekarang kita bahas bagaimana proses input dilakukan melalui keyboard menggunakan java. Untuk keperluan input/output, java menyediakan paket java.io. Di dalam paket java.io terdapat banyak kelas dan interface yang dapat digunakan untuk mendukung keperluan input atau output.Setelah paket java.io kita definisikan, sekarang kita memilih Stream yang akan kita gunakan untuk keperluan input. Disini kami menggunakan stream System.in. Selain itu kita juga memilih kelas yang dapat mengkonversi byte ke karakter, dan kami memilih kelas InputStreamReader untuk keperluan tersebut. Perlu untuk diketahui, System.in merupakan stream byte, sehingga kita perlu mengkonversinya ke karakter. Selanjutnya, kita memilih kelas yang dapat membentuk stream karakter, dan untuk mendapatkan karakter-karakter yang di input melalui keyboard ke dalam layar console.
Disini kami menggunakan kelas
BufferedReader.InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
Atau juga dapat ditulis seperti ini :
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
Berikut contoh program sederhana untuk melakukan input melalui keyboard dan menampilkannya ke layar :import java.io.*;
class contohInput { public static void main(String[] args) {
InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
String nama = " ";
System.out.print("Silahkan masukkan nama anda disini : ");
try { nama = br.readLine(); } catch(IOException ioe) { System.out.println("Error!"); }
System.out.println("Halo " + nama + ", selamat belajar pemrograman Java!"); }}
Berikut penjelasan setiap baris kode diatas :
- import java.io.*; //mengimport paket java.io ke dalam kode program yang kita susun agar kita dapat menggunakan kelas-kelas dan interface-interface yang dapat digunakan untuk keperluan input/output.
- class contohInput { //mendeklarasikan kelas bernama contohInput.
- public static void main(String[] args) { //mendeklarasikan method main.
- InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); //Mendefinisikan variabel bernama isr yang merupakan variabel referensi ke objek dari tipe InputStreamReader, yaitu kelas yang kita gunakan untuk mengkonversi byte ke karakter.Disini kita menjadikan stream System.in sebagai parameternya.
- BufferedReader br = new BufferedReader(isr); //Mendefinisikan variabel bernama br yang merupakan variabel referensi ke objek dari tipe BufferedRedaer, yaitu kelas yang kita gunakan untuk mendapatkan karakter-karakter yang di input melalui keyboard ke dalam layar console. Disini kita menjadikan variabel isr sebagai parameter.
- String nama = " "; //Mendefinisikan variabel bertipe String untuk menampung hasil input dari user.
- System.out.print("Silahkan masukkan nama anda disini : "); //Memberikan output string pada layar yang memerintahkan user untuk menginput nama.
- try { nama = br.readLine(); } catch(IOException ioe) { System.out.println("Error!"); } //Potongan kode diatas merupakan blok try-catch. Blok try-catch digunakan untuk melakukan penanganan eksepsi. Eksepsi merupakan kondisi tidak normal atau kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat program berjalan. Pada blok try-catch diatas terdapat potongan kode yang dapat membangkitkan eksepsi IOException. Kita tidak akan membahas lebih jauh tentang penanganan eksepsi disini, tapi lain kali di postingan yang berbeda, kami akan membahasnya.
Potongan kode diatas berfungsi untuk mendapatkan hasil input dari user menggunakan method readLine() yang terdapat pada kelas BufferedReader. Kita menggunakan method readLine() melalui objek br yang merupakan variabel referensi dari tipe BufferedReader. Sehingga bentuk penulisannya seperti ini br.readLine(). Method tersebut mengembalikan sebuah nilai String, dan selanjutnya nilai tersebut dimasukkan ke dalam variabel nama.System.out.println("Halo " + nama + ", selamat belajar pemrograman Java!"); // Menampilkan ke layar hasil dari input yang di lakukan oleh user di ikuti oleh beberapa string lainnya.Sekian postingan dari kami.
Semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan pada penjelasan-penjelasan di atas, kami mohon koreksinya. Semoga dapat memacu kami untuk membuat postingan-postingan yang lebih baik lagi ke depannya.
Apabila SobatGeek memiliki pertanyaan masalah Pemrograman C , C++ , Java , VB , Database ( Access , MySQL ) , Pemrograman Web ( Html , PHP , CSS ) , Pemrograman Game , Mendesain dan Mengkonfigurasi Jaringan Komputer menggunakan simulator ( Packet Tracer , GNS 3 ) , System Administrator ( Basic Level ) , Tips dan Trik Computer Security ( Basic Level ), atau ingin berdiskusi mengenai hal - hal di atas SobatGeek bisa mengokontak kami di geekmenjawab@gmail.com.
0 komentar:
Posting Komentar